Metode Penulisan versi Sofware

Sudah berapa lama anda memakai linux? sudah berapa sering anda update sofware yang ada didalamnya? Nah disini saya akan menjelaskan tentang metode penulisan versi sofware terutama software open source. Bagi pengguna biasa,  update sofware berarti ada perbaikan fitur atau bugfix…. intinya versi lebih baru itu lebih baik. Namun tahukah anda makna dari versi software, berapa besar sih perbedaan antara sofware versi 1.1 dengan 1.2? atau apa sih perbedaan kernel 2.6.29 dengan 2.6.30?

Secara garis besar penulisan versi software mengaju pada beberapa gaya ,diantaranya adalah gaya ubuntu, gaya kernel linux, gaya Mandriva , gaya Android atau  gaya software non free yang menggunakan metode alfa, beta dan Final release. Catatan penting disini, beberapa software mengkombinasikan beberapa syle dalam rilis softwarenya.

Gaya Ubuntu

Ubuntu mempunyai metode merilis software (distro ubuntu) dengan  dengan pola YY.MM (tahun-bulan). jadi misal ubuntu versi 10.10 pasti di rilis tahun 2010 bulan oktober. Beberapa rilis distro dan sofware mengikuti gaya ini karena mudah dipahami , jika untuk versi tersebut ada update (bukan rilis baru) maka akan ditambahkan 1 digit dibelakangnya jadi ubuntu versi 10.10 update pertama ditulis 10.10.1

Gaya kernel Linux (X.Y.Z) 

Linux kernel menggunakan Gaya penulisan X.Y.Z dimana X adalah versi Mayor, Y versi Minor dan Z adalah versi mikro, sebagai contoh kernel versi 2.6.30 maka versi Mayornya adalah 2, Versi minornya adalah 6 dan versi mikronya adalah 30. Disini kernel juga mempunyai tambahan aturan, untuk versi minor stabil harus menggunakan angka genap, makanya jarang denger kan ada kernel versi 2.3 atau kernel 2.5 .Sebenarnya sih versi tersebut ada, namun tidak untuk konsumsi public.
perubahan pada versi mayor artinya ada perubahan besar besaran, perubahan pada versi minor biasanya karena ada penambahan fitur , misal versi 2.2 belum mendukung USB, sedangkan versi 2.4 sudah mendukung USB, perubahan pada versi mikro hanya berupa bugfix atau security patch.

Gaya Mandriva/Microsoft  (YEAR) 

Mandriva menggunakan tahun untuk versi rilisnya misal Mandriva 2010, mandriva 2011 dan sterusnya , jika ada update di tahun tersebut maka ditambahkan 1 digit dibelakang tahun tersebut. misal kan update pertama versi 2010 adalah 2010.1, cara ini digunakan Microsoft sudah sejak tahun 95 dengan rilis Windows 95 dan sampai yang terakhir Windows 2008.

Gaya Android 

Android menggunakan nama nama makanan untuk pemversiannya , misal eclair, froyo, gingerbread honeycomb dan seterusnya,  Eclipse juga menggunakan cara sejenis, cuma themanya tentang bulan planet yupiter, misal eclipse helios, eclipse ganimede dan seterusnya, Apple juga menggunakan cara ini untuk merilis Mac OS X, namun menggunakan Thema Keluarga Kucing, dari Panther, tiger,chetah, leopard dan Lion.

Sebenarya walaupun secara umum dikenal dengan nama rilisnya software diatas juga punya versi internal , misal android froyo versi nya adalah 2.2, sedangkan mac OS X Tiger adalah versi 10.5,.Ubuntu mengkombinasikan cara ini dengan cara pertama.

Gaya software non free 

Sofware non free yang umumnya  berjalan di Windows menggunakan cara yang lebih sederhana, mereka menggunakan label alfa untuk software yang masih dalam tahap awal, biasanya untuk internal testing, Beta untuk software yang masih dalam percobaan namun sudah bisa dipakai public namun umumnya tidak stabil, RC ( rilis candidate) adalah versi (calon) yang akan dirilis ampai akhirnya Final realese yang benar benar stabil yang artinya sudah siap dipasarkan.

Gaya Wine

Gaya yang terakhir adalah gaya pemversian Wine , gaya ini menggunakan tanggal lengkap (YYYYMMDD) jadi misalkan wine versi terbaru dirilis tanggal 5 september 2011 maka versi winenya adalah wine-20110905 .

Nah demikian saja sekilas update  dari saya, maklum nih blog dah lama ga diupdate semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda, terutama para pengembang sofware , mau pilih yang mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s