Mengenal Windows Versi Open source

Tulisan ini menceritakan tentang Sistem operasi open source yang bukan Distro Linux atau terkait dengan Linux, tujuan dari penulisan ini agar menambah wawasan kita bahwa Sistem operasi open source itu bukan hanya Minix, Linux dan FreeBSD, tapi masih banyak yang lain. Artikel ini adalah artikel kedua dengan thema “Opensource OS Yang bukan Linux”. artikel pertama dari seri ini membahasMenuetOS

Jika anda melihat desktop diatas? apa yang pertama terlintas? kebanyakan pasti akan melihat bahwa tampilan diatas adalah tampilan windows dengan thema classic. Kenyataannya, screenshoot diatas bukanlah windows ataupun linux, itu adalah tampilan dari ReactOS.

ReactOS adalah sistem operasi opensource yang berusaha membuat “windows” dari awal dengan harapan driver dan aplikasi windows berjalan diatasnya tanpa layer tambahan (baca:emulator). Saat ini versi terbaru reactOS adalah 0.3.11, dalam versi ini reactOS sudah mampu menjalankan berbagai macam aplikasi yang terdapat diwindows seperti openofffice, tune up utilites bisa berjalan dengan baik

System Requirement

  • x86-compatible processor, Pentium or later
  • 24 MB RAM[35]
  • IDE hard drive of at least 150 MB
  • FAT16/FAT32 Boot partition
  • 2 MB VGA graphics adapter
  • CD-ROM drive
  • Standard keyboard
  • PS/2 Compatible mouse or Microsoft Mouse-compatible serial mouse[3

daftar aplikasi

silahkan cek http://www.reactos.org/en/screenshots.html untuk melihat screenshoot aplikasi yang bisa berjalan di reactOS dan klik http://www.reactos.org/compat/ untuk melihat aplikasi yang bisa dijalankan di ReactOS berserta tingkat kestabilannya .

Jika anda tertarik, silahkan download dan install di komputer anda, atau gunakan Virtualbox untuk mencobanya secara virtual.

3 comments on “Mengenal Windows Versi Open source

  1. Ping-balik: Haiku OS, Sentuhan Elegan Opensource Desktop « Linux Distro & Opensource

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s