Prasyarat Membuat Distro Linux dari Nol

Linux semakin hari semakin populer. Implementasinya pun tidak hanya sekedar untuk desktop dan server, saat ini linux dipakai diberbagai macam perangkat jaringan dan dijadikan sebagai pondasi untuk Sistem operasi mobile seperti Android  dari Google dan webOS dari Palm.

Dengan pesatnya perkembangan tersebut ternyata juga membuat ketertarikan pengguna linux semakin besar, yang semula hanya sekedar pemakai desktop  dan server, kini tertarik membuat atau minimal mengkostumasi Linux sehingga bisa menciptakan distro Linux buatan sendiri.

Sayangnya kebanyakan mereka bingung, darimana mulainya? berikut ini adalah prasyarat jika anda ingin bisa membuat linux dari Nol (baca:bukan distro turunan).

1. Menguasai Bahasa inggris

Teknologi komputer berasal dari barat dimana kebanyakan referensinya menggunakna bahasa Inggris. Ini adalah syarat pertama yang harus anda kuasai. saya yakin, jika saat ini anda adalah mahasiswa, bahasa inggris sudah menjadi ‘makanan harian’. Jadi jangan hanya mengandalkan bahasa indonesia (dan buku buku bahasa indonesia) untuk belajar komputer dan IT, terkhusus Linux, Banyak sekali buku gratis bertebaran di internet, jika hal ini anda tidak menguasai akan sangat sulit bagi anda untuk membuat distro Linux dari Awal . Paling paling anda bisa membuat Linux dari distro Turunan atau dari Distro Generator (Tool untuk membuat distro turunan secara instant)

2. Terbiasa memakai perintah di Konsole

Ini adalah syarat wajib kedua , jika anda saat ini hanya sekedar memakai tampilan Desktop Linux , sudah saatnya anda mempelajari perintah dasar di Linux, karena Desktop Linux hanya menunjukan 10% dari kemampuan sebenarnya . cek http://www.tuxfiles.org/linuxhelp/cli.html untuk belajar dasar dasar mempelajari perintah konsole di Linux.

3 . Menguasai bahasa pemrograman

Linux dibangun dengan bahasa C (dan C++) begitu juga dengan sebagian besar aplikasinya (Termasuk Gnome dan KDE). Menguasai bahasa ini sangat dianjurkan. Selain itu anda harus bisa membuat shellscript. Sebagai referensi silahkan baca Advanced bash scripting Guide dan http://www.cprogramming.com/tutorial.html

4. Mampu mengkompilasi Program dan kernel di Linux

Prasayarat ini masih berhubungan dengan prayarat kedua. Linux adalah sistem operasi yang opensource, begitulah sering kita dengar pembicara dan buku buku menulisnya, artinya kita bisa melihat kode /resep dari sebagian besar program dan kernel linux sendiri. Tapi buat apa kalau kita sendiri tidak tahu bagaimana memahami kodenya dan melakukan kompilasi ulang agar Program/kernel sesuai dengan kebutuhan kita? .

anda pasti sering melihat tutorial untuk kompilasi seperti ini

./configure
make 
make install
make clean

apakah anda tau apa sebenarnya perintah diatas? itu adalah salah satu cara mengkompilasi program di linux. jika anda ingin bisa membuat Linux dari nol, anda harus benar benar paham apa sih yang terjadi dibelakang layar ketika kita menjalankan 4 perintah diatas? silahkan baca  Software-Building-HOWTO dan manual dari GNU Make untuk memahami cara kompilasi program di linux.

5 . Memahami proses Booting Linux

Linux benar benar transparan dalam segala hal, termasuk dalam proses booting, Jika anda booting linux dalam mode verbose dimana banyak sekali tampilan text yang muncul,  itu adalah kelebihan linux. Jika anda bisa membaca proses booting, anda bisa tahu jik a ada masalah yang terjadi pada linux anda.  selain itu  anda lebih mudah memahami sistem operasi dengan melihat proses booting ini. Jika anda merasa proses booting terlalu cepat, anda masih bisa membaca Log dari proses booting tadi dengan perintah dmesg. Referensi yang bagus untuk topik ini bisa anda baca di From Power Up to Bash Prompt How To.

Lima Hal diatas adalah hal yang paling mendasar untuk  dijadikan prasyarat untuk membuat distro sendiri. Jika anda sudah menguasai kelima diatas, silahkan anda masuk ke http://www.linuxfromscratch.org.  Disini anda akan dituntun benar benar dari awal bagiamana sih membuat distro Linux itu. Selain itu anda disarankan juga membaca  essential_prereading.txt. Itu adalah daftar buku, manual, tutorial, howto dan ebook yang merupakan referensi “yang sangat dianjurkan” untuk dibaca karena informasi disana sangatlah berharga saat anda ingin membuat distro Linux  racikan anda sendiri.

By Candra Posted in news

8 comments on “Prasyarat Membuat Distro Linux dari Nol

  1. sebagai pengguna linux yang awam saya merasa, knp installasi kbnykn msti online sedngkan saat ini di windows dpt menginstall secara offline

    oh yah…..kira2 ada g cara jika sudah install linux di PC atau laptop kemudian software2 yang sudah terinstall dapat dibuat paket dalam membuat sebuah OS linux yang baru,,,seperti di susestudio, karena disana kita dapat menentukan distro atau tipe linux yang kita inginkan

    • tidak setiap distro install sofwarenya harus online, anda bisa saja download sofware linux terus diinstall langsung, hanya saja kdang program tidak berjalan sebagaimana mestinya karena adanya depedensi, itulah mengapa kebanyakan distro linux menyarankan instalasi online.
      jika anda ingin yang instalasi ofline, coba saja slackware,

  2. numpang tulis ….🙂
    bener bener rebet sobbat…..:–”
    tapi teteb semangat donk ………….makasihh infonya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s