Distro Linux Indonesia

Selain Etix, sebenarnya banyak distro lokal yang dikembangkan oleh para linuxer di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Kuliax, Singkong linux, dan BlankOn. Sebagai bentuk penghargaan terhadap sesama pengembang distro, akan dibahas bebarapa distro lokal yang bisa anda cicipi atau bisa anda pake. Karena banyak dari distro ini yang kemunculannya cuma sebentar dan terus “mati” maka hanya distro yang statusnya masih di support dan di kembangkan saja yang akan dibahas.

Singkong Linux

Tampilan Desktop Singkong Linux

Tampilan Desktop Singkong Linux

Singkong Linux adalah distro turunan dari Slackware yang di kembangkan oleh sdr Noprianto. Distro ini membawa xfce sebagai desktop default dengan sederet aplikasi Desktop diantaranya Abiword, gnumeric, Mplayer,GIMP dan aplikasi database seperti postgreSQL, MySQL dan sqllite.

Feature lain yang tidak ada di distro induknya diantaranya xCHM(ebook reader), Xmame( game classic),wine( emulator windows) sehingga aplikasi windows bisa berjalan, dan Opera. Singkong linux sangat cocok dipakai pada spesifikasi komputer PIII atau yang lebih rendah. Selain feature diatas, singkong linux juga menyertakan tool tool development seperti PHP,QT,Glade, Ultimate++ dan tool lainya. sepertinya, distro ini dikembangkan oleh noprianto untuk kebutuhan sehari harinya dimana distro ini dipakai untuk coding dan menulis artikel untuk majalah infoLinux.

BlankOn Linux

Tampilan Blankon 3

Tampilan Blankon 3

Distro ini dikembangkan oleh Yayasan Pengguna Linux indonesia (YLPI). Sampai saat ini Blankon sudah mencapai versi 3. BlankOn  2 dan 3 adalah distro turunan dari Ubuntu, sedangkan BlankOn 1 merupakan turunan dari Fedora. Hal ini membuat BlankOn terkesan tidak konsisten, sehingga user yang memakai BlankOn 1 harus belajar dari awal lagi untuk menyesuaikan dengan release BlankOn selanjutnya . Jika anda tertarik dengan ubuntu maka anda akan suka dengan distro ini, Boleh dibilang blankon adalah versi lokal dari Distro Ubuntu.

Kuliax Linux

Desktop Kuliax Linux
Desktop Kuliax Linux

Kuliax Adalah distro Linux lokal yang berisi software opensource untuk anak kuliahan. Disini tersedia berbagai aplikasi enginering sampai software development dengan Java. Distro ini sangat Cocok bagi mahasiswa komputer. Nilai lebihnya, karena dikembangkan dariKnoppix, maka distro ini bisa dijalankan lewat LiveCD ataupun diinstall kedalam komputer.

IGOS :Indonesia Go Open Source

IGOS Linux adalah distro Linux yang dikembangkan Oleh kementrian Ristek Indonesia, IGOS terdiri dari berbagai macam versi diantara IGoS Nusantara, IGOS Billing untuk warnet dan IGOS versi lainnya. Cek saja di website IGOS untuk versi yang lain.

Salah satu versi IGOS adalah IGOS Nusantara 2006 adalah aplikasi desktop yang merupakan distro Linux berbasis Fedora Core 5, dirancang khusus untuk desktop, sangat cocok digunakan untuk perorangan, bisnis, industri dan perkantoran dengan kemampuan yang handal  sebagai solusi desktop. Dengan kemampuan untuk membuat/mengedit dokumen, database, spreadsheet, file grafis, maupun akses internet, chatting dan e-mail.

STAGOS

Distro ini mirip dengan Backtrack dilihat dari fungsi dan kegunaannya–maaf mas mada, jika ane salah. Namun distro ini lebih dikhususkan untuk forensic cybercrime. Jadi distro ini benar benar special distro banget deh. Bagi kamu yang suka hacking —bukan cracking, bagi kamu yang tertarik dengan security kayaknya cocokdengan distro.

Pemuatan Posting ini memang ga ada hubungan langsung dengan Pengembangan ETIX Linux, Namun saya harap informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Inget bahwa kekuatan Linux dan Opensource adalah di sisi ketersediaan source dan kebebasan mengembangkannya. Sudah saatnya bagi kita tidak lagi sekedar jadi pengguna Linux dan berbangga diri hanya karena ikut forum distro foo-id . Sudah saatnya kita beraksi lebih….!

2 comments on “Distro Linux Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s